Tempat Wisata Di Belanda

Tempat Wisata Di Belanda 


Tempat Wisata Di Belanda, Belanda adalah salah satu negara di Eropa yang kaya akan pninggalan bersejarah berupa bangunan yang merupakan situs sejarah dunia. Tempat wisata di Belanda juga tidak terbatas pada bangunan bersejarah, namun juga banyak sekali yang berupa pemandangan alam, kota-kota tua, pedesaan, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Di Belanda


Daftar Tempat Wisata Di Belanda


Nah, berikut ini kita adalah daftar dari beberapa tempat wisata di Belanda yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari manca negara, maupun dari negara Belanda sendiri.


1. Dom Tower of Utrecht (Domtoren) 


Tempat Wisata Di Belanda - Dom Toren Utrecht Nederland
Tempat Wisata Di Belanda - Dom Toren Utrecht Nederland

Dom Tower atau Menara Dom adalah sebuah tempat wisata di Belanda berupa sebuah menara Gereja sangat tinggi. Menara Dom yang berada di Utrecht ini adalah menara gereja yang tertinggi di negara Belanda dengan mencapati ketinggian 112,5 meter.

Menara Gereja yang dibangun di tahun 1321 hingga tahun 1382 ini sebenarnya adalah bagian dari bangunan Kathedral Santo Martinus (St.Martin) yang merupakan bagunan bergaya Gothic. Namun sayangnya bangunan ini tidak pernah selesai pembangunannya karena masalah dana. Dan akhirnya sebagian bangunan Gereja runtuh di tahun 1674 dan membuat menara Dom seolah-olah berdiri sendiri.

Uniknya menara ini membuat tempat wisata di Belanda yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan. Di tempat ini banyak terdapat gerai-gerai yang menjual berbagai oleh-oleh khas Belanda. Pengunjung juga diperbolehkan naik ke atas puncak menara melalui anak tangga yang berjumlah kurang lebih 465 buah, dan menikmati indahnya panorama kota Amsterdam dan Rotterdam. Dan satu hal yang unik lainnya adalah menara ini boleh dipakai sebagai tempat melangsungkan upacara pernikahan.


2. The Peace Palace (Vredespaleis)


Tempat Wisata Di Belanda - The Peace Palace (Vredespaleis)
Tempat Wisata Di Belanda - The Peace Palace (Vredespaleis)

The Peace Palace atau Istana Perdamaian sesuai dengan namanya adalah sebuah bangunan besar yang berfungsi sebagai pusat peradilan yaitu sebagai markas besar dari Mahkamah Internasional PBB. Bangunan yang berada di kota The Haag atau Den Haag pertama kali digunakan pada tahun 1913 sebagai gedung pengadilan. Sedangkan pembangunannya dilakukan pada tahun 1907.

Tempat wisata di Belanda berupa Istana bergaya Neo-Renaissance yang sangat bersejarah ini uniknya diisi dengan berbagai barang atau benda-benda yang merupakan hadiah dari beberapa negara lain. Misalnya karpet dinding dari Jepang, kayu dari Indonesia, pintu dari Belgia, jam menara dari Swiss, vas bunga raksasa seberat 3,2 ton dari Rusia, air mancur dari Denmark, karpet dari Persia, marmer dari Italia, dan lain sebagainya.


3. The Hague's Binnenhof


Tempat Wisata Di Belanda - The Hague's Binnenhof
Tempat Wisata Di Belanda - The Hague's Binnenhof


The Binnenhof adalah sebuah bangunan yang merupakan tempat pusat pemerintahan Belanda yang telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Pembangunan pertamanya adalah pada abad ke-13 oleh Count Floris IV. Pada awalnya tempat wisata di Belanda ini hanya berupa rumah tinggal. Namun kemudian dibangun pulalah beberapa bangunan di sekitar The Binnenhof ini seperti Ridderzaal atau aula besar dimana di tempat inilah Sang Ratu selalu berpidato. Bangunan lainnya adalah menara kecil atau het Torentje yang merupakan kantor resmi Perdana Menteri Belanda sejak tahun 1982.

Tempat wisata di Belanda ini selain merupakan gedung resmi pemerintahan, namun juga memiliki ruang terbuka yang boleh dikunjungi oleh siapapun. Bangunana yang berada di kota Den Haag ini cukup indah karena juga memiliki arsitektur dan berbagai hiasan seperti air mancur Neo Gothic dan patung yang cukup menarik.


4. Keukenhof Park (Garden of Europe)


Tempat Wisata Di Belanda - Keukenhof Park
Tempat Wisata Di Belanda - Keukenhof Park

Keukenhof atau dalam bahasa Indonesia “Taman Dapur” sering juga dianggap sebagai Taman Eropa. Hal ini tidaklah mengherankan, karena tempat wisata di Belanda yang satu ini merupakan taman bunga yang paling besar seantero dunia. Taman inidah ini terletak di sebuah kota kecil di Belanda bagian selatan bernama Lisse.

Istilah “Kebun Dapur” sendiri sebenarnya mengacu pada sejarah tempat ini yang pada mulanya adalah sebuah kebun rempah-rempah yang menyuplai kebutuhan dapur istana Hainaut yang dihuni oleh seorang bangsawan bernama Jacqueline.

Sedangkan taman bunga Keukenhof sendiri dibuat pada tahun 1949 atas ide walikota Lisse untuk membantu para petani bunga di seluruh belanda demi memamerkan hasil bunga terbaik budidaya mereka untuk kemudian diekspor ke luar negeri.

Dengan luas sekitar 32 hektar, taman ini ditanami setidaknya sebanyak 7 juta bibit bunga setiap tahunnya. Dan seperti yang kita tahu bahwa Belanda adalah negara yang sangat terkenal dengan tanaman bunga Tulip. Nah untuk melihat indahnya bunga Tulip di Taman ini kita sebaiknya berkunjung di sekitar pertengahan bulan April. Sedangkan taman indah ini dibuka untuk umum antara pertengahan pada bulan maret sampai dengan pertengahan bulan Mei


5. Museum Anne Frank House


Tempat Wisata Di Belanda - Museum Anne Frank House
Tempat Wisata Di Belanda - Museum Anne Frank House

Anne Frank House adalah sebuah tempat wisata di Belanda berupa museum yang dibangun sebagai dedikasi untuk Anne Frank. Yaitu seorang penulis Yahudi bernama Anne Frank yang pada masa pembantaian Nazi bersembunyi bersama keluarganya di sebuah ruangan rahasia kecil tersembunyi di belakang gedung.

Tempat ini sekarang digunakan sebagai museum untuk memperingati masa kelam Nazi, dan juga untuk memamerkan segala peristiwa pembantaian Nazi. Museum ini berlokasi di Prinsengracht canal di kota Amsterdam. Tempat ini mulai dikenal luas dan didatangi banyak orang untuk melihat langsung tempat persembunyian Anne Frank setelah sebuah buku harian dari Anne Frank yang menceritakan mengenai kisah pilu saat bersembunyi dari kejaran Nazi tersebut diterbitkan dalam sebuah buku berjudul “The Diary of a Young Girl”.


6. Madurodam Miniature Park


Tempat Wisata Di Belanda - Madurodam Miniature Park
Tempat Wisata Di Belanda - Madurodam Miniature Park

Madurodam adalah sebuah tempat wisata di Belanda berupa taman miniatur. Di taman yang dibuka untuk umum pada tahun 1952 ini terdapat hampir semua gedung dan bangunan besar yang ada di Belanda dengan skala 1:25. Madurodam sendiri diberi nama yang diambil dari nama George Maduro. Yaitu seorang mahasiswa Yahudi yang melawan Nazi sebagai anggota perlawanan Belanda, dan tewas di kamp konsentrasi. Taman Miniatur Madurodam berada di Scheveningen, Den Haag.


7. Windmills of Zaanse Schans


Tempat Wisata Di Belanda - Windmills of Zaanse Schans
Tempat Wisata Di Belanda - Windmills of Zaanse Schans

Zaanse Schans adalah sebuah daerah tempat wisata di Belanda yang sangat terkenal dengan kincir angin raksasanya. Di tempat ini kita akan menemukan banyak sekali bangunan berupa kincir angin yang sangat unik. Kincir angin yang ada di sini dibangun pada tahun 1574.


8. Windmills of Kinderdijk


Tempat Wisata Di Belanda - Windmills of Kinderdijk
Tempat Wisata Di Belanda - Windmills of Kinderdijk

Kinderdijk adalah sebuah desa tempat wisata di Belanda yang cukup tua berada di Molenwaard. Di sini terdapat kumpulan kincir angin kuno yang terbesar di Belanda dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO semenjak tahun 1997. Semuanya ada sekitar 19 buah kincir angin tua yang dibangun dari sekitar tahun 1740.


Itulah beberapa tempat wisata di Belanda yang cukup terkenal. Tentunya masih ada banyak lagi tempat wisata di Belanda yang lainnya. Daftar tempat wisata di Belanda yang lebih banyak silahkan dilihat di sini.


Incoming search terms :

pariwisata di belanda, tempat wisata belanda, wisata belanda, wisata di belanda, wisata ke belanda, tempat pariwisata di belanda, tempat wisata di perancis, tempat wisata di jerman, tempat wisata di jepang, tempat wisata di belanda

No comments: