Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung


Villa Isola Bandung (Tempat Wisata Di Bandung) adalah bangunan villa yang terletak di kawasan pinggiran utara Kota Bandung. Berlokasi pada tanah tinggi, di sisi kiri jalan menuju Lembang(Jln. Setiabudhi), gedung ini dipakai oleh IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung, yang sekarang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia-UPI). Villa Isola adalah salah satu bangunan bergaya arsitektur Art Deco yang banyak dijumpai di Bandung.

Villa Isola dibangun pada tahun 1933, milik seorang hartawan Belanda bernama Dominique Willem Berretty. Kemudian bangunan mewah yang dijadikan rumah tinggal ini dijual dan menjadi bagian dari Hotel Savoy Homann. Perkembangan selanjutnya, ia dijadikan Gedung IKIP (sekarang UPI) dan digunakan sebagai kantor rektorat.

Suatu publikasi khusus pada masa Hindia Belanda untuk villa ini ditulis oleh Ir. W. Leimei, seorang arsitek Belanda. Dalam publikasi ini, Leimei mengatakan bahwa di Batavia ketika urbanisasi mulai terjadi, banyak orang mendirikan villa di pinggiran kota dengan gaya arsitektur klasik tetapi selalu beradaptasi baik dengan alam dan ventilasi, jendela dan gang-gang yang berfungsi sebagai isolasi panas matahari. Hal ini juga dianut oleh Villa Isola di Bandung. Pada masa pendudukan Jepang, Gedung ini sempat digunakan sebagai kediaman sementara Jendral Hitoshi Imamura saat menjelangPerjanjian Kalijati dengan Pemerintah terakhir Hindia Belanda di Kalijati, Subang, Maret 1942. Gedung ini dibangun atas rancangan arsitek Belanda yang bekerja di Hindia Belanda Charles Prosper Wolff Schoemaker.
sumber: wikipedia


Berikut ini ada beberapa foto Villa Isola Bandung (Tempat Wisata Di Bandung)


Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 1


Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 2

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 3

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 4

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 5

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 6

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 7

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 8

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 9

Tempat Wisata Di Bandung - Villa Isola Bandung 10


Itulah beberapa gambar Villa Isola Bandung (Tempat Wisata Di Bandung) semoga bermanfaat.

Incoming search terms :

bandung, www.bandung.go.id, stsi bandung, tbi bandung, bukit bintang bandung, kode pos bandung, hotel dibandung, hotel in bandung, villa bandung, villa isola

No comments: