Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara)

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara). Istana Maimun adalah sebuah istana yang cukup megah dan sangat terkenal. Istana ini terletak di Medan, dan telah menjadi sebuah ikon dari kota Medan itu sendiri. Istana Maimun ini persisnya berada di kelurahan Sukaraja, kecamatan Medan Maimun, kota Medan, propinsi Sumatera Utara.


Sejarah Istana Maimun


Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 1

Menurut sejarahnya, istana Maimun ini didirikan pada sekitar tahun 1887–1891 Masehi oleh Kesultanan Deli pada masa pemerintahan Sultan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Istana yang sangat indah ini dibangun pada area yang cukup luas, yaitu sekitar 2.772 meter persegi. Selain arsitektur bangunannya yang sangat indah karena didesain oleh arsitek dari Italia, Istana Maimun juga dilengkapi dengan kamar-kamar yang jumlahnya cukup banyak yaitu kurang lebih ada 30 buah kamar atau ruangan.




Arsitektur Istana Maimun


Walaupun seperti dikatakan di atas bahwa Istana Maimun didesain oleh arsitek Italia, namun secara desain istana ini juga memadukan beberapa unsur kebudayaan dari beberapa negara. Perpaduan gaya bangunan yang paling banyak terlihat adalah perpaduan antara gaya bangunan interior Islam, gaya India, Spanyol, Melayu, dan yang pasti gaya Italia.

Perpaduan desain bangunan dari berbagai gaya inilah yang sampai dengan saat ini telah menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para wisatawan baik manca negara maupun wisatawan dometik, untuk menyempatkan waktu untuk mengunjungi Istana Maimun ini tatkala mereka datang berkunjung ke Kota Medan Sumatera Utara.


Legenda Meriam Puntung Di Istana Maimun


Satu lagi yang menarik dari Istana Maimun adalah sebuah bangunan beratap ijuk di bagian sisi istana. Di dalam bangunan kecil ini tergeletak sebuah moncong meriam berukuran kecil yang telah pecah atau buntung pada sisi ujung pangkalnya. Nah menurut legenda yang dipercayai masyarakat sekitar, Meriam Puntung atau Meriam Buntung ini merupakan hasil jelmaan dari Mambang Khayali, yaitu seorang puteri Kerajaan Deli Tua yang juga adalah adik dari Puteri Hijau. 

Menurut legenda sang puteri mati-matian mempertahankan istana dari serangan Raja Aceh yang marah karena telah ditolak cintanya oleh sang puteri. Kemudian diyakini puteri tersebut menjelma menjadi meriam. Dan karena terus menerus menembak, maka meriampun menjadi panas dan pecah. Dan pangkal meriam yang pecah konon terlempar ke udara dan jatuh di Kampung Sukanalu, Kecamatan Barus Jahe, Tanah Karo.


Berikut ini beberapa foto Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara)



Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 2

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 3

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 4

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 5

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 6

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 7

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 8

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 9

Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara) 10


Itulah beberapa foto Istana Maimun (Tempat Wisata Di Medan, Sumatera Utara). Semoga bermanfaat.

No comments: